ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER - GRAPH MOVIE ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER ~ GRAPH MOVIE

ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER

Organisasi Komputer Dasar dan Arsitektur Komputer, Bagian Penyusun Komputer, Interkoneksi Antar Komputer, dan Control Unit

ORGANISASI KOMPUTER DASAR DAN ARSITEKTUR KOMPUTER
Organisasi dan Arsitektur Komputer mempelajari bagaimana struktur komputer dan fungsi masing-masing pembentuk struktur serta mengetahui berbagai arsitektur perancangan sistem komputer untuk mencapai kinerja yang tinggi . Komputer adalah sebuah mesin hitung elektronik yang secara cepat menerima informasi masukan digital dan mengolah informasi tersebut menurut seperangkat instruksi yang tersimpan dalam komputer tersebut dan menghasilkan keluaran informasi yang dihasilkan setelah diolah.  Daftar perintah tersebut dinamakan program komputer dan unit penyimpanannya adalah memori komputer.
Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol.  Arsitektur Komputer lebih cenderung pada kajian atribut–atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
 
A.ORGANISASI KOMPUTER DASAR
Sebuah komputer moderen/digital dengan program yang tersimpan di dalamnya merupakan sebuah system yang memanipulasi dan memproses informasi menurut kumpulan instruksi yang diberikan. Sistem tersebut dirancang dari modul-modul hardware seperti :
·         Register
·         Elemen aritmatika dan logika
·         Unit pengendali
·         Unit memori
·         Unit masukan/keluaran (I/O)
Komputer dapat dibagi menjadi 3 bagian utama, yaitu :
·         Unit pengolahan pusat (CPU)
·         Unit masukan/keluaran (I/O)
·         3. Unit memori

Organisasi dasar dari sebuah komputer dapat ditunjukan pada blok diagaram pada gambar di bawah ini :

Keterangan :
CPU mengendalikan urutan dari semua pertukaran informasi dalam komputer dan dengan dunia luar melalui unit I/O. Sedangkan unit memori terdiri dari sejumlah besar lokasi yang menyimpan program dan data yang sedang aktif digunakan CPU. Ketiga unit tersebut dihubungkan dengan berbagai macam bus.
 
 
B. ARSITEKTUR KOMPUTER
Klasifikasi Arsitektur Komputer
A.Mesin Von Neumann
Kriteria mesin Von Neumann :
§  Mempunyai subsistem hardware dasar yaitu sebuah CPU,  sebuah memori dan sebuah I/O system
§  Merupakan stored-program computer
§  Menjalankan instruksi secara berurutan
§  Mempunyai jalur (path) bus antara memori dan CPU
B.Mesin Non-Von Neumann
Pada tahun 1966, Flyyn mengklasifikasikan arsitekturkomputer berdasarkan sifatnya yaitu :
§  Jumlah prosesor
§  Jumlah program yang dapat dijalankan
§  Struktur memori
Menurut Flyyn ada 4 klasifikasi komputer :
§  SISD (Single Instruction Stream, Single Data Stream)
§  SIMD (Single Instruction Stream, Multiple Data Stream)
§  MISD (Multiple Instruction Stream, Single Data Stream)
§  MIMD (Multiple Instruction Stream, Multiple Data Strea
 
KUALITAS ARSITEKTUR KOMPUTER
A.Generalitas
Generalitas adalah ukuran besarnya jangkauan aplikasi yang bisa cocok dengan arsitektur.  dan computer yang terutama digunakan untuk aplikasi bisnis menggunakan aritmetik decimal. Sistem umum memberikan dua jenis aritmetik. Salah satu pembahasan utama oleh kalangan peneliti komputer selama tabun 1980-an adalah persoalan bagusnya generalitas.
Salah satu argumen komersial dalam menerapkan generalitas adalah bahwa, karena ia menyebabkan perancangan komputer menjadi sulit, malm perusahaan yang melakukan perancangan tersebut bisa mengurangi peniruan rancangan oleh perusahaanlain.
 
B. Daya Terap
Daya terap (applicability) adalah pemanfaatan arsitektur untuk penggunaan yang telah direncanakannya. Buku ini membahas komputer yang terutama dirancang untuk satu dari dua area aplikasi utama : (1) aplikaSi ihniah dan teknis dan (2) aplikasi komersil biasa.  Aplikasi ilmiah dan teknis adalah aplikasi yang biasanya untuk memecahkan persamaan kompleks dan untuk penggunaan aritmetik floating point ekstensif.
 
C. Efisiensi
Efisiensi adalah ukuran rata-ratajumlah hardware dalam komputer yang selalu sibuk selama penggunaannya biasa.  Arsitektur yang efisien memungkinkan (namun tidak memastikan) terjadinya implementasi yang efisien. Salah satu sifat arsitektur yang efisien adalah bahwa ia secara relative cenderung sederhana. Karena untuk merancang sistem yang kompleks secara benar begitu sulit, maka kebanyakan komputer mempunyai sebuah komputer inti (core computer) efisien yang sederhana, yaitu CU.
 
D. Kemudahan Penggunaan
Kemudahan penggunaan arsitektur adalah ukuran kesederhanan bagi programmer sistem untuk mengembangkan atau membuat software untuk arsitektur tersebut, misalnya sistem pengoperasiannya atau compilemya. Oleh karena itu, kemudahan penggunaan ini merupakan fungsi ISA dan berkaitan erat dengan generalitas.
 
E. Daya Tempa (malleability)
Dua ukuran yang terakhir daya tempa dan daya kembang umumnya berlaku untuk implementasi computer dalam satu rumpun. Daya terap arsitektur adalah ukuran kemudahan bagi perancang untuk mengimplementasikan komputer (yang mempunyai arsitektur itu) dalam jangkauan yang luas. Pada Apple Macintosh atau IBM PC AT, spesifIkasi arsitektumya jauh lebih lengkap, sehingga semua implementasi hampir sama.
 
F. Daya Kembang
Daya kembang (expandability) adalah ukuran kemudahan bagi perancang untuk meningkatkan kemampuan arsitektur, misalnya kemampuan ukuran memori maksimumnya atau kemampuan aritmetiknya. Dalam hal ini, daya kembang juga berkaitan dengan jumlah CPU yang dapat digunakan oleh system secara efektif. Barrier (penyangga) pada komputer yang mempunyai CPU lebih dari satu umumnya tidak jelas. Jika programmer sistem mendapatkan kesulitan untuk menyinkronkan CPU-CPU, rnisalnya, maka sinkronisasi ini secara efektif akan membatasi jumlah CPU yang dapat digunakan sistem.
 
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN ARSITEKTUR KOMPUTER:
1.   Manfaat Arsitektural
 Ada empat ukuran pokok yang menentukan keberhasilan arsitektur, yaitu manfaat arsitekturalnya (architectural merit) :
  • Daya terap Sebaiknya, arsitektur ditujukan untuk aplikasi yang telah ditentukan.
  • Daya tempa. Bila arsitekturlebih mudah membangun sistem yang kecil, maka  ia akan lebih baile.
  • Daya kembang. Lebih besar daya kembang arsitektur dalam daya komputasi,ukuran memori, kapasitasI/O, dan jumlah prosesor,maka ia kan lebih baile. 
  • Kompatibilitas (daya serasi-pasang).
2.   Keterbukaan arsitektur
 Arsitektur dikatakan open (terbuka) bila perancangnya mempublikasikan spesifikasinya
3.   Keberadaan model pemrograman yang kompatibel don bisa dipahami.
Beberapa komputer yang berparalel tinggi begitu sulit untuk digunakan, sehingga ia hanya menjadi daya tarik bagi para analis untuk menemukan cara baru untuk menggunakannya.
4.   Kualitas implementasi awal.
Ada beberapa komputer yang nampaknya merupakan mesin yang baik, yang mempunyai software dan sifat operasional yang baik.
5.   Kinerja Sistem
Kinerja sistem sebagian ditentukan oleh kecepatan komputer. Untuk mengukur kinerja komputer, para arsitek menjalankan serangakian program yang standart, yang disebut benchmark,pada komputer. Benchmark ini memungkinkan arsitek untuk menentukan kecepatan relatif dari semua komputer yang menjalankan benchmark tersebut dan menentukan kecepatan absolute dari tiap komputer. Hasilnya bermanfaat bagi arsitek untuk melaporkan kinerja sistem dengan menggunakan berbagai performance metrics (metrik kinerja).
6.   Biaya Sistem
Bagian pokok dari biaya sistem computer adalah biaya peralatan logika dasarnya, yang sangat bervariasi dari peralatan satu dengan yang lainnya.  beberapa aplikasi dengan metrik tersebut diperlukan adalah :
§  Reliabilitas (keandalan) adalah sangat diperlukan oleh computer yang digunakan untuk mengontrol penerbangan, mengontrol kearnanan instalasi nuklir, atau kegiatan apa saja yang mempertaruhkan keselarnatan manusia.
§  Kemudahan perbaikan khususnya penting bagi komputer yang mempunyai jumlah komponen yang besar.
Struktur dasar computer dan organisasi computer Diantaranya :
1.   Central Processing Unit (CPU): Mengontrol operasi komputer dan membentuk fungsi-fungsi pengolahan datanya. Seringkali CPU cukup disebut sebagai processor (prosesor) saja.
2.   Memori utama: Menyimpan data.
3.   I/O: Memindahkan data antara komputer dengan lingkungan luarnya.
4.   System Interconnection: Beberapa mekanisme komunikasi antara CPU, memori utama dan I/O.
 
Adapun komponen-komponen struktur utama dari CPU adalah sebagai berikut :
1.   Control Unit: Mengontrol operasi CPU dan pada gilirannya mengontrol komputer.
2.    Arithmetic and Logic Unit (ALU): Membentuk fungsi-fungsi pengolahan data  komputer.
3.   Register: Sebagai penyimpan internal bagi CPU.
4. CPU Interconnections: Sejumlah mekanisme komunikasi antara control unit, ALU, danregister
 
Bagian Penyusun Komputer
 
Apapun jenisnya, setiap komputer disusun dari beberapa bagian. Mulai dari Mainboard, Processor, Memory, VGA, Harddisk, Monitor, NIC, CD/DVD, Keyboard, Mouse, dan sebagainya. Namun perlu diketahui, agar dapat bekerja, komputer minimal harus memiliki Mainboard, Processor, Memory, Harddisk, dan VGA. Komponen-komponen inilah nantinya yang akan menentukan seberapa baik kinerja komputer.

Untuk lebih jelasnya, akan saya bahas satu-persatu komponen penyusun komputer.

● Mainboard
Mainboard (atau yang sering juga disebut Motherboard, MOBO -red) adalah komponen komputer tempat kita menancapkan atau memasangkan komponen-komponen komputer lainnya seperti processor, video card, sound card, hard disk, dan lain sebagainya. Mainboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain.

Pada Mainboard, terdapat 2 chipset utama yaitu chipset North Bridge dan chipset South Bridge.

Northbridge adalah bagian yang menghubungkan prosesor (CPU) ke sistem memori dan graphics controller (AGP dan PCI Express) melalui bus berkecepatan tinggi, dan ke southbridge. Dengan demikian, Northbridge bertugas mengendalikan/ menangani komunikasi antara CPU, RAM, AGP atau PCI Express, dan southbridge. Bahkan pada sebagian chipset, di dalam northbridge juga berisi integrated video controller (pengendali video terintegrasi).

Southbridge adalah bagian dari chipset yang mengontrol bus IDE, USB, dukungan Plug and Play, menjembatani PCI dan Isa, mengontrol keyboard dan mouse, fitur power management dan sejumlah perangkat lainnya.

Gambar: Mainboard.
Kehandalan dari sebuah Mainboard bisa dilihat dari beberapa hal seperti chipset yang digunakan, lebar jalur BUS, kelengkapan slot-slot untuk komponen seperti slot memory (jenis dan jumlahnya), slot AGP, slot PCI (untuk LAN card, sound card, modem), slot HDD, dan lain sebagainya.

● Processor
Processor (istilah lain dari Microprocessor), adalah suatu komponen (biasanya wujud fisiknya berupa chip) yang terdapat dalam suatu sistem komputer yang berfungsi sebagai unit pusat pemroses atau pengolah data dan istruksi. Dalam bahasa kasar sering diistilahkan sebagai ‘otak’ komputer. Mikroprosesor ini umumnya terpasang pada mainboard.
 
Gambar: Processor.
Bahan utama pembuat processor adalah chip silikon yang didalamnya mengandung jutaan transistor mini dan sirkuit lainnya diatas sirkuit semikonduktor terintegrasi. Jumlah transistor yang ada pada processor dalam perkembangannya berlipat ganda setiap 18 bulan. Ini sesuai dengan prediksi yang dikemukakan Gordon Moore pada tahun 1965 atau yang lebih dikenal dengan Hukum Moore.

Processor juga memiliki memory yang biasa kita kenal dengan cache memory. Hingga saat ini ada 3 jenis cache memory, yaitu L1 cache, L2 cache, dan L3 cache. Adapun fungsi dari memory cache adalah untuk menyimpan insteruksi dan data yang digunakan oleh processor. L1 cache terintegrasi dengan chip processor, sedangkan L2 dan L3 cache ada yang terintegrasi dan ada yang pula yang terletak di luar chip processor yaitu di motherboard dekat dengan posisi dudukan komputer.

● Memori
Memori (atau memory) merupakan istilah yang merujuk pada media penyimpanan data sementara pada komputer. Setiap program dan data yang sedang diproses oleh prosesor akan disimpan di dalam memori fisik.
Data yang disimpan dalam memori bersifat sementara, dan tetap ada sampai komputer direset atau dimatikan. Sebelum komputer di reset atau dimatikan, semua data yang ada pada memori disimpan kedalam media penyimpanan permanen, sehingga data tersebut dapat dibuka kembali di lain kesempatan.

Memori fisik umumnya diimplementasikan dalam bentuk Random Access Memory (RAM) yang bersifat dinamis (DRAM). Hal tersebut dikarenakan akses terhadap lokasi –lokasi didalamnya dapat dilakukan secara acak (random) dan bukan secara berurutan (sekuensial). Namun jangan di-salah-kaprah-kan dengan dengan Read Only Memory (ROM), ROM juga dapat diakses secara random,

Secara garis besar Memori pada komputer dibagi menjadi memori yang hanya dapat di baca (Read Only Memory) dan memori yang dapat dibaca tulis. Memori yang hanya bisa dibaca saja sebagai contoh adalah BIOS komputer. Sedangkan untuk memori yang dapat dibaca tulis contohnya adalah SDRAM, DDRAM atau yang sering kita sebut memori saja.
 
Gambar: RAM dan BIOS.

VGA
VGA (Video Graphics Adapter), adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Istilah VGA juga sering digunakan untuk mengacu pada resolusi layar 640X480, apapun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor.
Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis berdaya tinggi. Produsen kartu grafis yang terkenal diantaranya ATI dan nVidia.
Gambar: VGA.
Secara garis besar, VGA ada yang terintegrasi di dalam Mainboard, dan ada pula yang tidak. VGA yang tidak terintegrasi dibedakan menurut slot pada Mainboard yang digunakannya, yaitu VGA PCI (VGA yang menggunakan slot PCI), VGA AGP (VGA yang menggunakan slot AGP), dan VGA PCI Express (yang menggunakan slot PCI Express). 
 
Hard Disk
Hard Disk Drive (HDD) merupakan sebuah komponen perangkat keras yang dapat menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetik. Data yang tersimpan dalam hard disk tidak akan hilang walaupun tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah hard disk, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.
Dalam perkembangannya kini hard disk secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung yang besar. Hard disk juga tidak hanya terpasang di dalam preangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (external) dan dihubungkan melalui media USB ataupun FireWire.
 
Monitor, Keyboard, Mouse, dan Printer
Untuk melihat hasil yang dikeluarkan oleh komputer diperlukan perangkat keras yang yang disebut Monitor. Monitor kini sudah berevolusi seperti halnya televisi dari jenis tabung ke bentuk yang lebih hemat energi seperti LCD atau LED.

Mouse dan keyboard digunakan sebagai alat input perintah kepada komputer. Tanpa alat ini kita tidak dapat memberi inputan atau perintah kepada komputer untuk dikerjakan.

Adapun Printer digunakan untuk mencetak hasil kerja komputer. Sebagian besar proses yang dibuat versi print-nya adalah yang berjenis dokumen.


Gambar: Monitor, HDD, Keyboard, Printer.


Nah, demikianlah perkenalan kita kepada komputer. Saya harap, teman-teman dapat memahami komponen-komponen penyusun komputer atau bahkan dapat menyusun sendiri komputer yang diinginkan terutama untuk Personal Computer di rumah
 
 


Struktur Interkoneksi 

            Komputer tersusun atas komponen - komponen atau modul - modul (CPU, memori dan I/O) yang saling berkomunikasi.
Kumpulan lintasan atau saluran berbagai modul disebut struktur interkoneksi.
Rancanagan struktur interkoneksi sangat bergantung pada jenis dan karakteristik pertukaran datanya.
Jenis pertukaran data yang diperlukan oleh modul - modul penyusun komputer : 

• Memori :
Memori umumnya terdiri atas N word memori dengan panjang yang sama. Masing - masing
word diberi alamat numerik yang unik (0, 1, 2, …N-1). Word dapat dibaca maupun ditulis pada
memori dengan kontrol Read dan Write. Lokasi bagi operasi dispesifikasikan oleh sebuah
alamat. 

• Modul I/O :
Operasi modul I/O adalah pertukaran data dari dan ke dalam komputer. Berdasarkan pandangan internal,  modul  I/O  dipandang  sebagai  sebuah  memori  dengan  operasi  pembacaan  dan penulisan. Modul I/O dapat mengontrol lebih dari sebuah perangkat peripheral. Modul I/O juga dapat mengirimkan sinyal interrupt. 

• CPU :
CPU berfungsi sebagai pusat pengolahan dan eksekusi data berdasarkan routine - routine
program yang diberikan padanya. CPU mengendalikan seluruh sistem komputer sehingga
sebagai  konsekuensinya memiliki koneksi ke seluruh modul yang menjadi bagian sistem
komputer.
Dari jenis pertukaran data yang diperlukan modul - modul komputer, maka struktur interkoneksi harus mendukung perpindahan data berikut :
• Memori ke CPU : CPU melakukan pembacaan data maupun instruksi dari memori.
• CPU ke Memori : CPU melakukan penyimpanan atau penulisan data ke memori.
• I/O ke CPU : CPU membaca data dari peripheral melalui modul I/O.
• CPU ke I/O : CPU mengirimkan data ke perangkat peripheral melalui modul I/O.
• I/O ke Memori atau dari Memori : digunakan pada sistem DMA.
Sampai  saat  ini  terjadi  perkembangan  struktur  interkoneksi,  namun  yang  banyak digunakan saat ini adalah sistem bus. Sistem bus ada yang digunakan secara tunggal dan ada secara jamak, tergantung karakteristik sistemnya.

Interkoneksi Bus
Bus merupakan lintasan komunikasi yang menghubungkan dua atau lebih komponen komputer. Sifat  penting  dan  merupakan  syarat  utama bus adalah media transmisi yang dapat digunakan bersama oleh sejumlah perangkat yang terhubung padanya. Karena digunakan  bersama,  diperlukan  aturan  main  agar  tidak  terjadi  tabrakan  data  atau kerusakan data yang ditransmisikan. Walaupun digunakan bersama namun dalam satu waktu hanya ada sebuah perangkat yang dapat menggunakan bus.

Struktur Bus
Sebuah bus biasanya terdiri atas beberapa saluran. Sebagai contoh bus data terdiri atas 8 saluran sehingga dalam satu waktu dapat mentransfer data  8 bit. Secara umum fungsi saluran bus dikatagorikan dalam tiga bagian, yaitu saluran data, saluran alamat dan saluran kontrol, seperti terlihat pada gambar pola interkoneksi bus.

            Saluran data  (data bus) adalah lintasan bagi perpindahan data antar modul. Secara kolektif lintasan ini disebut bus data. Umumnya jumlah saluran terkait dengan panjang word,
misalnya 8, 16, 32 saluran dengan tujuan agar mentransfer word dalam sekali waktu. Jumlah saluran dalam bus data dikatakan lebar bus, dengan satuan bit, misal lebar bus 16 bit. 

            Saluran alamat (address bus) digunakan untuk menspesifikasi sumber dan tujuan data pada bus data. Saluran ini digunakan untuk mengirim alamat word pada memori yang akan diakses  CPU. Juga  digunakan untuk saluran alamat  perangkat  modul komputer saat  CPU mengakses suatu  modul.  Perlu  diketahui,  semua  peralatan  yang  terhubung  dengan  sistem komputer, agar dapat diakses harus memiliki alamat. Semisal mengakses port I/O, maka port I/O harus memiliki alamat hardware-nya. 

            Saluran kontrol (control bus) digunakan untuk mengontrol bus data, bus alamat dan seluruh modul yang ada. Karena bus data dan bus alamat digunakan oleh semua komponen maka diperlukan suatu mekanisme kerja yang dikontrol melalui bus kontrol ini. Sinyal - sinyal kontrol terdiri  atas  sinyal  pewaktuan  dan  sinyal - sinyal  perintah.  Sinyal  pewaktuan  menandakan validitas data dan alamat, sedengkan sinyal perintah berfungsi membentuk suatu operasi. Secara umum saluran kontrol meliputi :
  • Memory Write, memerintahkan data pada bus akan dituliskan ke dalam lokasi alamat.
  • Momory Read memerintahkan data dari lokasi alamat ditempatkan pada bus data.
  • I/O Write, memerintahkan data pada bus dikirim ke lokasi port I/O.
  • I/O Read, memerintahkan data dari port I/O ditempatkan pada bus data.
  • Transfer ACK, menunjukkan data telah diterima dari bus atau data telah ditempatkan pada bus.
  • Bus Request, menunjukkan bahwa modul memerlukan kontrol bus.
  • Bus Grant, menunjukkan modul yang melakukan request telah diberi hak mengontrol
    bus.
  • Interrupt Request, menandakan adanya penangguhan interupsi dari modul.
  • Interrupt ACK, menunjukkan penangguhan interupsi telah diketahui CPU.
  • Clock, kontrol untuk sinkronisasi operasi antar modul.
  • Reset, digunakan untuk menginisialisasi seluruh modul.
            Secara fisik bus adalah konduktor listrik paralel yang menghubungkan modul - modul.
Konduktor ini biasanya adalah saluran utama pada PCB motherboard dengan layout tertentu
sehingga didapat fleksibilitas penggunaan. Untuk modul I/O biasanya dibuat slot bus yang mudah dipasang dan dilepas, seperti slot PCI dan ISA. Sedangkan untuk chips akan terhubung melalui pinnya.

Prinsip operasi bus adalah sebagai berikut. Operasi pengiriman data ke modul lainnya :
1. Meminta penggunaan bus.
2. Apabila telah disetujui, modul akan memindahkan data yang diinginkan ke modul yang dituju.

Operasi meminta data dari modul lainnya :
1. Meminta penggunaan bus.
2. Mengirim request ke modul yang dituju melalui saluran kontrol dan alamat yang sesuai.
3. Menunggu modul yang dituju mengirimkan data yang diinginkan.

Elemen Perancangan Bus
1. Jenis Bus
a. Dedicated Bus : bus yang khusus menyalurkan data tertentu, misalnya paket data saja, atau alamat saja,
Keuntungan: throughput yang tinggi karena kemacetan lalu lintas kecil.
Kerugian: meningkatnya ukuran biaya sistem.

b. Multiplexed bus : bus melakukan tugas untuk berbagai  informasi  yang berbeda baik data, alamat maupun sinyal kontrol dengan metode mulipleks data
Keuntungan: hanya memerlukan saluran yang sedikit sehingga dapat menghemat tempat dan biaya.
Kerugian: kecepatan transfer data menurun dan diperlukan mekanisme yang komplek untuk mengurai data yang telah dimultipleks.

2. Metode Arbitrasi : menugaskan sebuah perangkat CPUatau I/O bertindak sebagai master kontrol pertukaran.  Metode ini terdiri dari :
  1. Tersentralisasi : pengontrol bus sentral atau arbiter yang bertugas mengatur penggunaan bus oleh  modul.
  2. Terdistribusi : setiap modul memiliki logika pengontrol akses (access control logic) yang berfungsi mengatur  pertukaran  data  melalui  bus.  

3. Timing : Metode terjadinya event dikoordinasikan pada bus
a. Sinchronous : terjadinya event pada bus ditentukan oleh clock.
b. Asinchronous : terjadinya event pada bus mengikuti dan tergantung pada event sebelumnya.

4. Lebar Bus
Lebar bus sangat mempengaruhi kinerja sistem komputer. Semakin lebar bus maka semakin besar data yang dapat ditransfer sekali waktu. Semakin besar bus alamat, akan semakin banyak range lokasi yang dapat direfensikan.

5. Jenis Transfer Data
Dalam sistem komputer, operasi transfer data adalah pertukaran data antar modul sebagai
tindak lanjut atau pendukung operasi yang sedang dilakukan. Saat operasi baca (read), terjadi
pengambilan data dari memori ke CPU, begitu juga sebaliknya pada operasi penulisan maupun
operasi - operasi kombinasi. Bus harus mampu menyediakan layanan saluran bagi semua operasi
komputer.

Contoh Bus
1. Bus ISA (Industry Standar Architecture) Vendor pemakai: IBM
2. Bus PCI Vendor pemakai: Intel
Peripheral Component Interconnect (PCI) adalah bus yang tidak tergantung prosesor dan berfungsi sebagai bus mezzanine atau bus peripheral. PCI memiliki kinerja tinggi untuk sistem I/O berkecepatan tinggi seperti : video adaptor, NIC, disk controller, sound card, dan lain-lain.
3. Bus USB / Universal Standard Bus
Untuk peralatan yang memiliki kecepatan rendah seperti keyboard, mouse, dan printer, 7 vendor komputer (Compaq, DEC, IBM, Intel, Microsoft, NEC, dan Northern Telecom) bersama-sama merancang bus USB.
4. Bus SCSI
Small Computer System Interface (SCSI) adalah perangkat peripheral eksternal yang dipopulerkan oleh macintosh pada tahun 1984. SCSI merupakan interface standard untuk drive CD-ROM, peralatan audio, hard disk, dan perangkat penyimpanan eksternal berukuran besar. SCSI menggunakan interface paralel dengan 8, 16, atau 32 saluran data.
5. Bus P1394 / Fire Wire
Bus performance tinggi yang dikenal dengan Fire Wire (P1394 standard IEEE).
P1394 memiliki kelebihan dibandingkan dengan interface I/O lainnya, yaitu sangat cepat,
murah, dan mudah untuk diimplementasikan. Pada kenyataanya P1394 tidak hanya populer pada sistem komputer, namun juga pada peralatan elektronik seperti pada kamera digital, VCR,dan televisi. Kelebihan lain adalah penggunaan transmisi serial sehingga tidak memerlukan banyak kabel. 


                                         CU (CONTROL UNIT)

Untuk pengertian control unit
Suatu pengontrolan disyaratkan berada di dalam sistem komputer untuk:
1. memberitahukan kepada unit input data apa yang dimasukkan ke dalam primary storage dan kapan dimasukkannya.

2. memberitahukan kepada unit primary storage dimana data itu harus ditempatkan.

3. memberitahukan kepada unit arithmetic-logic operasi yang mana yang harus dilakukan, dimana data akan diperolehm dan di mana hasilnya akan ditempatkan.

4. memberitahukan file mana yang boleh dipergunakan dan data apa yang dipergunakan.

5. memberitahukan unit output yang mana yang akan ditulisi hasil akhir.



REFERENSI:
 
http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=21&cad=rja&uact=8&ved=0CBoQFjAAOBQ&url=http%3A%2F%2Fdini3asa.staff.gunadarma.ac.id%2FDownloads%2Ffiles%2F21393%2FPENGANTAR-MATERI1POAK-pert2.doc&ei=VWIeVMvWAdC2uASW5oK4AQ&usg=AFQjCNFQ_F_gxoAqo2NBoL50-P9RrqiiYw&sig2=pssocqd6yF6FO9w4GBlWog&bvm=bv.75775273,d.c2E

http://sitorang2202.blogspot.com/2012/11/organisasi-komputer-dasar-dan.html

http://bellaavirtthawulandari.blogspot.com/2013/07/komponen-penyusun-komputer-dan-fungsi.html

http://sulaiman4fun.blogspot.com/2011/10/pengertian-alu-aritmatika-and-logic.html
 

0 Coments:

Post a Comment

 
fort sumter|civil war|nba playoff schedule|winklevoss|long island serial killer|today in history|brett favre|winklevoss twins|tori spelling|jenn sterger|benicio del toro|shirley maclaine|a380|career builder|sputnik|narcissism|ymca|medtronic|space|capital one online banking fort sumter|civil war|nba playoff schedule|winklevoss|long island serial killer|today in history|brett favre|winklevoss twins|tori spelling|jenn sterger|benicio del toro|shirley maclaine|a380|career builder|sputnik|narcissism|ymca|medtronic|space|capital one online banking